Problematika Belajar Mahasiswa Universitas Mulawarman di Masa Covid-19

Authors

  • Aisyah Trees Sandy Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman
  • Vitria Puri Rahayu Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman

Abstract

Pandemi Covid-19 memaksa Universitas Mulawarman untuk melakukan kegiatan belajar
mengajar berbasis daring yang memunculkan tantangan baru. Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui problematika belajar mahasiswa Universitas Mulawarman di masa Covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode pengambilan
sampel informan dengan metode purposive sampling. Teknik analisis yang dilakukan pada
penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kategorisasi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa 77% mahasiswa UNMUL mengalami kendala kegiatan pembelajaran
di masa Covid-19. Problematika belajar mahasiswa berasal dari faktor internal dan
eksternal mahasiswa. Problematika dari faktor eksternal yaitu 90% terkendala jaringan,
sehingga menyebabkan 88.8% mahasiswa kurang memahami materi perkuliahan dan
jumlah tugas dari dosen semkain bertambah. Problematika internal yang dihadapi
mahasiswa yaitu 80.4% mahasiswa tidak menyukai pembelajaran daring karena sulit
memahami. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu problematika belajar mahasiswa
Universitas Mulawarman di masa Covid-19 sebagian besar dipengaruhi faktor eksternal
sehingga berpengaruh terhadap internal mahasiswa.

Downloads

Published

2024-03-28