Nilai Sejarah Toponimi Anak Sungai Musi di Ilir Barat II Kota Pelembang Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah Lokal

Authors

  • Esi Apriani Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang
  • Kabib Sholeh Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Palembang

Keywords:

Nilai, Pembelajaran, Toponimi, Sungai

Abstract

Sejarah lokal memiliki nilai penting untuk diketahui dan dipelajari oleh peserta didik
maupun masyarakat. Sungai Tatang dan Sungai Tawar memiliki nilai sejarah yang perlu
di ketahui terkait materi kelokalan tersebut para guru dan siswa belum banyak
mengetahui dan memahami nilai sejarah toponimi anak Sungai Musi dalam kaitannya
materi pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
nilai-nilai sejarah toponimi anak Sungai Musi Ilir Barat II Palembang sebagai sumber
pembelajaran sejarah lokal. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode
deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya di lakukan mulai dari
observasi, wawancara, dokumentasi, studi pustaka. Teknik analisa datanya mengunakan
deskriptif kualitatif yang sebelumnya tentu dilakukan validasi sumber atau data. Hasil
penelitian ini menunjukan Anak Sungai Musi di wilayah Ilir Barat II khusunya Sungai
Tawar dan Sungai Tatang mengandung nilai sejarah yang penting yaitu baik dalam
bidang politik, ekonomi dan sosial budaya. Nilai sejarah t oponimi tersebut dapat
dijadikan sumber pembelajaran sejarah lokal.

Downloads

Published

2024-03-28